98 Destinasi Wisata Liburan/Refreshing Terbaik Sulawesi Selatan

 

Makassar adalah ibu kota provinsi Sulawesi Selatan , Indonesia, dan salah satu pusat kota terbesar di Indonesia.

Hal pertama yang biasa terlintas di benak seseorang saat mendengar kata “refreshing” adalah liburan. Seru kedengarannya memilih destinasi liburan refreshing terbaik di Sulawesi Selatan. Untuk liburan yang sempurna, itu sendiri adalah tugas yang membosankan. Itulah mengapa kami telah melakukan pekerjaan rumah untuk Anda dan menyusun tujuan liburan refreshing terbaik yang akan mengubah perjalanan Anda menjadi pengalaman yang luar biasa. Dari anggaran hingga tempat mewah, Anda akan menemukan beberapa pilihan untuk dipilih. Kami telah membahas semuanya – Utara, Selatan, Timur & Barat. Setiap tujuan dalam daftar itu unik secara keseluruhan, dan membuat Anda bersemangat. Jadi, jika Anda ingin menghabiskan salah satu liburan refreshing terbaik di Sulawesi Selatan, mulailah merencanakan!

Berikut adalah tujuan refreshing untuk liburan terbaik di Sulawesi Selatan di tahun 2023 untuk dikunjungi dan liburan bersama teman-teman Anda! Baca terus, untuk mengetahui lebih banyak tentang semua tempat menarik ini yang berada di tiap Kabupaten ataupun kota besar propinsi Sulawesi Selatan, Indonesia .


1. Pantai Akkarena

Lokasi:Jalan Tanjung Bunga, Tanjung. Merdeka, Kecamatan. Tamalate, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Pantai ini biasa di jadikan opsi sebagai tempat rekreasi bersama keluarga pada ataupun teman di hari libur sebagai sarana bersantai, bermain, atau berolahraga.


2. Pantai Losari

Lokasi:Pusat kota Makassar, Jalan Metro Tanjung Bunga, Maloku, Ujung Pandang, Makassar, Sulawesi Selatan..

Ketika Anda berada di Pantai Losari, bukan hanya keindahan pantainya saja yang dapat dinikmati. Pantai ini memiliki beberapa anjungan yang diberi nama berdasarkan nama suku yang ada di Makassar, seperti Bugis, Makassar, Toraja dan Mandar.

Di setiap anjungan yang ada menampilkan ciri khas dari suku-suku tersebut, sehingga tak sedikit wisatawan yang datang menjadikannya sebagai spot untuk berfoto selain landmark dari Pantai Losari itu send/iri.


3. Pulau Gusung Tallang

Lokasi: Lae-Lae, Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia 

Pulau kecil ini terletak di tengah laut yang hanya mempunyai pasir putih yang bersih. Di wilayah Indonesia, ada banyak sekali Pulau Gusung yang tersebar di berbagai daerah. Salah satunya, di Makassar. Pulau Gusung Tallang, biasa juga disebut Lae-Lae Kecil berada tepat ditengah Pulau Lae-Lae dan Pulau Kayangan. Pulau ini berjarak sekitar 1.6 km dari salah satu benteng bersejarah di Indonesia Fort Rotterdam Makassar atau Pelabuhan Makassar. Dahulu, Pulau Gusung merupakan pulau yang tak berpenghuni. Namun karena semakin ramai dikunjungi, pada akhirnya ada beberapa masyarakat yang tinggal di sini. Meski begitu, tempat ini tetap bersih dan tetap bisa merefresh hati yang galau menjadi bahagia.


4. Pulau Kayangan

Lokasi:Desa Bulo Gading, Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Sejarah penamaan Pulau Kayangan Makassar merujuk kepada pesona keindahan yang terhampar di tempat wisata tersebut.Biasanya nama “kayangan” dipakai untuk menggambarkan, atau melukiskan sebuah keindahan tiada tara, yang hanya ada di kayangan. Memang, nyatanya Pulau Kayangan Makassar sangatlah indah.


5. Pulau Kodingareng Keke

Lokasi: Kondingareng, Kec. Ujung Tanah, Kota Makassar, Sulawesi Selatan

Pulau ini memiliki keindahan alam yang masih terjaga dan air lautnya yang begitu memesona membuat Pulau Kodingareng Keke menjadi incaran para pelancong lokal maupun mancanegara. 


6. Pulau Samalona.

Lokasi berjarak dua kilometer dari Kota Makassar ini dapat dicapai dengan menaiki perahu motor dari dermaga kecil dekat Pantai Losari dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Pulau Samalona adalah salah satu pulau terindah yang dimiliki Indonesia , dan pulau ini memiliki pemandangan batu karang yang dapat dilihat dari atas kapal dan pasir putih.


7. Air Terjun Bantimurungna Gallang

Lokasi; Pao, Kec. Tombolo Pao, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan

Berangkat dari pusat kota Gowa Anda perlu berkendara menuju desa Pao, yang letaknya tidak begitu jauh. Lokasi air terjun tepat berada di belakang kawasan PLTA Tombolo Pao, Anda tinggal masuk tanpa melalui jalan setapak. Suasana asri nan indah akan Anda temukan ditambah batuan cantik yang mengelilinginya. Semakin membuat Anda betah berlama-lama ada disini.


8. Danau Tanralili

Lokasi: : Jl. Parigi, Kec. Manimbahoi, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan

Danau ini merupakan tempat wisata terkenal dengan keeksotisannya. Danau ini tak kalah indah dengan Danau Ranu Kumbolo yang terkenal sebagai wisata alam itu. Ada pemandangan alam yang mempesona terutama untuk para wisatawan yang datang untuk melihat bagaimana kondisi alam di sekitar danau ini. Sayangnya perjalanan untuk menuju Danau Tanralili memang terbilang cukup sulit sehingga para wisatawan harus menyiapkan betul kondisi fisik dan mentalnya untuk menempuh perjalanan.


9. Air Terjun Balang Bulang

Lokasi: Gantarang, Kec. Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan

Wisata Gowa satu ini letaknya tersembunyi dan memerlukan fisik kuat untuk mencapainya. Akses jalan yang dilewati cukup rumit seperti melalui jalur sungai hingga mendaki perbukitan. Perjalanan menuju curug memang menyita waktu diperkirakan 2-3 jam tergantung kondisi.


10. Lembah Ramma

Lokasi:Desa Bonto Lerung, Kecamatan Tinggimoncong, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan.

Lembah Ramma letaknya dekat dengan Danau Tanralili. Tempat wisata di Gowa ini juga berlokasi di kaki Gunung Bawakaraeng. Untuk bisa sampai di Lembah Ramma, wisatawan akan melewati jalan yang berliku-liku serta berkelok-kelok seperti ular.


11. Air Terjun Parangloe

Lokasi: Desa Bori, Kecamatan Parangloe, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Air terjun ini memiliki bentuk yang unik. Ada susunan batu yang membuatnya terlihat begitu alami dan air yang sangat jernih mengalir disana. Sayangnya untuk sampai di lokasi ternyata tak begitu mudah.


12. Air Terjun Cinta

Lokasi: Tamalatea, Kec. Manuju, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan

Tempat ini merupakan air terjun yang masih sangat alami dan bersih. Sebab jarang dikunjungi oleh wisatawan padahal begitu indah. Kolam air terjun cinta ini berbeentuk mirip dengan bentuk hati m./,.sehingga mendapatkan sebutan demikian. Air yang ada di air terjun ini sangat jernih dan alami sehingga begitu sejuk.


13. Hutan Pinus Bissoloro

Lokasi: Bungayya, Kecamatan Parangloe, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Hutan ini memiliki hamparan pohon pinus dengan juga terlihat seperti pemandangan di film-film Hollywood. Kelebatan pohon disini melingkupi perjalanan pengunjung dan memberi sensasi untuk menyatu dengan alam. Sayangnya ada yang mengatakan bawa keasrian dari tempat ini kian tergerus.


14. Air Terjun Salewangan

Lokasi:Malino, Kec. Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan

Bila berangkat dari kota Makassar Anda butuh waktu sekitar 2 jam agar sampai di tujuan. Anda akan melalui jalur naik turun yang sedikit curam, dilanjutkan menaiki sekitar 100 anak tangga. Setibanya di atas hembusan angin dari air terjun yang dingin menyapa permukaan kulit. Sekeliling air terjun dihiasi oleh pohon-pohon hijau serta batuan hitam dan agak berlumut.

Ukuran air terjun tidak terlalu tinggi namun memiliki debit air yang lumayan deras. Kucuran air dari ketinggian terdengar bergemuruh dan menenangkan hati. Anda bisa menikmati sensasi dinginnya air terjun saat berendam di kolam tampungnya. Jika enggan mandi di kolam Anda bisa duduk-duduk di atas batu, sembari menikmati percikan air dari curug ini.


15. Air Terjun Biroro

Lokasi: Bonto Lerung, Kec. Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan

Anda akan melihat curug dengan ketinggian 15 meter yang memanjakan mata. Sumber airnya berasal dari Gunung Bawakaraeng sehingga terasa dingin dan sejuk. Di bawah air terjun terdapat kolam tampung yang mempunyai kedalaman sekitar 8 meter. Suasana alam yang masih asri dan dikelilingi pohon-pohon hijau membuat Anda betah berlibur disini.


16. Air Terjun Takapala

Lokasi;Desa Bulu’ Tana, kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan .

Ada pancaran cahaya pelangi di lokasi air terjun yang menambah kecantikannya. Namun untuk turun ke air terjun ini harus lebih berhati-hati karena melewati bebatuan yang cukup licin.

Letaknya berada tak jauh dari perkebunan Teh Malino Highland. Berada di Desa Bulu’ Tana, kecamatan Tinggimoncong kurang lebih 6 km dari Kota Malino dan sekitar 6o km dari pusat Kota Makassar.


17. Pantai Bintang Galesong

Lokasi: Desa Tamalate, Kecamatan Galesong Utara, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan.

 Kawasan pantai ini cukup di minati para wisatawan, apalagi dengan bantuan sosial media semakin mengenalkan Pantai Bintang Galesong kepada seluruh tempat di Indonesia. Melihat banyaknya peminat yang datang mengunjungi pantai Galesong, membuat pembangunan fasilitas pun semakin lengkap.

Beberapa fasilitas yang telah disediakan seperti mobil ATV, taman outbound, motor cross, skuter listrik, sepeda listrik, resort, hingga rumah makan. Untuk fasilitas permainan air, kamu bisa menikmati jetski maupun banana boat yang telah disediakan. Tentu dengan kelengkapan fasilitas yang ada di Pantai Bintang ini pun, semakin memuaskan liburan sekeluarga.


18. Pulau Sanrobengi

Lokasi: Desa Boddiya, Kecamatan Galesong Selatan, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan.

Pulau ini merupakan salah satu destinasi wisata, yang tidak bisa kamu lewatkan. Terletak di desa Boddiya Kecamatan galesong, kamu akan melihat sebuah keindahan pulau yang terdiri dari penataan pulau serta keindahan laut yang membentang luas. Untuk mencapai lokasi ini, membutuhkan sektiar 15 menit perjalanan menggunakan perahu dari dermaga Galesong Selatan.


19. Telaga Komara

Lokasi: Desa Komara, Kecamatan Pallombangkeng, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan.

Wisata ini belum terlalu diketahui banyak orang. Sehingga air dari telaga serta sungai-sungai kecil di sekitarnya masih mengalir dengan jernih dan indah. Terdapat beberapa air terjun kecil yang mengalir di bebatuan, air ini berasal dari pengunungan sehingga tak heran jika memiliki suhu yang dingin dan sejuk


20. Pantai Sampulungan

Lokasi: Desa Bulukunyi, Kecamatan Pallombangkeng Selatan, Kabupaten Takalar ,Sulawesi Selatan.

Hamparan pasir putihnya tidak begitu luas namun masih bisa dimanfaatkan untuk bermain pasir. Ombak pantai cukup besar jadi Anda perlu berhati-hati, jangan sampai melebihi garis tepi pantai. Di pinggiran pantai terdapat kursi malas yang berjajar rapi, Anda bisa bersantai di kursi ini sambil menikmati keelokan laut biru. Deburan ombak yang tenang membuat liburan semakin berkesan.


21. Pantai Topejawa 

Lokasi: Desa Topejawa, Kecamatan ,Mangara Bombang, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan.

Tempat wisata di Takalar ini memiliki keindahan yang cukup disukai para investor. Dengan banyaknya investor yang membangun bisnis di Pantai Topejawa, membuat pesona wisata modern tradisional pun bisa kamu temukan disini.


22. Air Terjun Tama’lulua

Lokasi: Ramba Bontomanai, Kecamatan Rumbia, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan.

Untuk melihat keindahan tempat ini Anda hanya perlu untuk membayar biaya parkir kendaraan saja. Namun aksesnya memang tidak mudah, tetapi sebanding dengan keindahan yang ditawarkan.


23. Pantai Garassikang

Lokasi: Kecamatan Bangkala, Kabupaten jeneponto, Sulawesi Selatan.

Pantai Garassikang menjadi destinasi wisata yang tak bisa kamu lewatkan ketika mengunjungi Jeneponto. Gugusan karang berpadu dengan birunya lautan tentu akan membuat segala penat kamu menghilang. Jika kamu hobi berswafoto, Pantai Garassikang sangat cocok untuk diabadikan dengan kamera terbaik kamu. Pantai ini terletak di Bangkala, Kabupaten Jeneponto.


24. Air Terjun Tuang Loe

Lokasi: Karampuang, Desa Datara, Kecamatan Bontoramba, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan

Air terjun Tuang Loe menjadi tempat wisata di Jeneponto yang tidak kalah keren dengan air terjun lainnya. Tak hanya air terjun yang indah pemandangan yang diberikan juga sangat menawan. Airnya yang jernih dan asri akan membuat pikiran kamu menjadi fresh dan menghilangkap penat. Lokasi air terjun ini berada di Desa Datara, Kecamatan Bontoramba, Kebupaten Jeneponto. Pastikan untuk tetap berhati hati karena batuannya cadas bisa melukai kamu.


25. Air Terjun Karakngasa

Lokasi: Lebang Manai, Kecamatan Rumbia, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan

Anda harus mengunjungi tempat wisata di Jeneponto yang satu ini. Untuk menuju objek wisata ini kamu harus menuju Lebang Manai, Kecamatan Rumbia. Tiket masuknya juga tidak mahal, kamu hanya perlu merogoh kocek Rp. 5 ribu saja, sudah bisa menikmati keindahan ciptaan Tuhan ini. Namun harga tersebut bisa berubah sewaktu waktu tergantung hari liburan atau hari biasa.


26. Air Terjun Bissappu

Lokasi: Bonto Salluang, Kec. Bissappu, Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan

Saat berkunjung ke Kabupaten Bantaeng, kamu akan menemukan air terjun yang terletak di Bissappu. Air terjun ini berada di perbukitan dengan pemandangan alam yang masih terjaga.


27. Pantai Seruni

Lokasi: Jl. Seruni, Pallantikang, Kec. Bantaeng, Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan

Kamu juga dapat mengujungi pantai Seruni untuk bermain bersama keluarga. Di bagian depan pantai, terdapat spot berfoto dengan miniatur helikopter. Saat suasana sedang bagus, kamu bisa memperoleh spot foto dengan keindahan langit dan laut biru


28. Pantai Marina

Lokasi: Baruga, Pa'jukukang, Baruga, Kec. Pajukukang, Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan

Menghabiskan waktu sambil melihat matahari tenggelam di pantai ini menjadi pengalaman indah yang tak terlupakan. Suasananya hampir sama dengan Pantai Lovina yang ada di Wisata Pinrang.


29. Air Terjun Simoko

Lokasi: Campaga, Kec. Tompobulu, Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan

Air Terjun Simoko , surga tersembunyi di Kabupaten Bantaeng yang alamnya masih terjaga membuat nuansa sekitarnya pas dijadikan sebagai tujuan berlibur terbaik.


30. Pantai Panrang luhu

Lokasi: Kec. Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan.

Pantai ini memiliki pasir putih, air laut yang jernih, serta pohon kelapa yang berjejer cantik adalah perpaduan lengkap untuk menikmati pemandangan indah yang memanjakan mata, dan sangat cocok bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan matahari terbit tanpa terhalang apapun.


31. Pantai Apparalang

Lokasi: Ara, Kec. Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan

Destinasi wisata di Bulukumba berikutnya adalah Pantai Apparalang. Keunikan dari Pantai Apparalang adalah dikelilingi oleh tebing karang yang berpadu dengan hutan hijau di sekitarnya. Keindahan Pantai Apparalang bisa dilihat dari air laut yang memiliki 4 gradasi warna: putih, biru muda, biru tua, hingga tosca yang seakan memberikan efek menenangkan.

Bagi yang ingin sedikit memacu adrenalin, bisa menjajal terjun dari tebing karang, dan menikmati keindahan bawah laut di Pantai Apparalang. Tanpa perlu menyelam terlalu dalam, karena kita akan langsung disambut ikan dan terumbu karang yang menawan di Pantai Apparalang.


32. Pantai Liukang Loe

Lokasi: Bira, Kec. Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan.

Keindahan pantai di Bulukumba memang tiada duanya, begitu juga Pantai Liukang Loe bak surga bagi para pecinta keindahan bawah laut. Pasalnya, keindahan terumbu karang dan ekosistem bawah laut di Pantai Liukang Loe masih sangat terjaga.

Selain itu, di Liukang Loe juga terdapat penangkaran penyu. Berbeda dengan lainnya, di sini wisatawan bisa mendapatkankan informasi tentang penyu, melepas tukik ke lautan, hingga kesempatan berenang bersama penyu.


33. Tanjung Bira

Lokasi: Bira, Kec. Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan.

Salah satu primadona di ujung selatan Sulawesi, yaitu Pantai Tanjung Bira. Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan di Tanjung Bira. Mulai dari snorkeling menikmati surga bawah laut, atau hanya sekadar berjemur di bawah sinar matahari sambil menikmati hembusan angin dan deburan ombak yang menenangkan.

Namun, keunikan Tanjung Bira tidak hanya sampai di situ. Tanjung Bira juga menjadi rumah pembuatan kapal tradisional khas Sulawesi Selatan, kapal pinisi. Jadi kita bisa melihat langsung ketelitian dari para pengrajin kapal pinisi dari dekat.


34. Pantai Samboang

Lokasi: Samboang Lingk. Erelebu Timur Kel, Ekatiro, Kec. Bonto Tiro, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan

Wisata pantai di Bulukumba yang wajib dikunjungi berikutnya adalah Pantai Samboang. Sangat menarik, karena tidak jauh dari Pantai Samboang terdapat pulau kecil yang bisa kita didatangi melalui jembatan sepanjang 20 meter.

Tak kalah eksotis dari pantai lainnya, Pantai Samboang dikelilingi hamparan pasir putih dan air laut biru yang jernih. Panorama Pantai Samboang juga sangat menawan, karena memiliki lekukan bibir pantai yang landai, serta terumbu karang yang indah dan terjaga kelestariannya.


35. Bukit Vandiam

Lokasi: Panaikang, Kecamatan Sinjai Timur, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan

Obyek wisata yang banyak dikunjungi serta termasuk hits lalu Bukit Vandiam. Bukit ini sampai tidak sepi pengunjung walaupun termasuk anyar.

Pemandangan alamnya yang disuguhkan bakal dapat menjernihkan ingatan banyak pengunjung. Menariknya buat berkunjung ke tempat ini tak ada cost yang wajib dibayar oleh pengunjung. Ada sejumlah spot poto yang dapat jadi tempat buat ambil poto yang menawan.


36. Bukit Taman Hutan Raya

Lokasi: Antara Gunung Lompobottang dan Gunung Bawakaraeng, Kecamatan Sinjai Borong, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan.


37. Air Terjun Laliako

Lokasi: Tonrong, Desa Terasa, Kecamatan Sinjai Barat, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan.

Air terjun satu ini cukuplah luas, maka memungkinnya untuk di jadikan tempat berenang. Airnya yang jernih akan mengundang pengunjung buat merasakan langsung. Walaupun jalan buat tuju tempat ini cukup menentang akan tetapi panorama yang dijajakan begitu fantastis.


38. Air Terjun Barambang

Lokasi: Batu Belerang, Sinjai Borong, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan


39. Air Terjun Pincuni

Lokasi: Balakia, Kecamatan Sinjai Barat, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan


40. Air Terjun Barania

Lokasi: Barania, Sinjai Barat, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan

Memandangi tempat satu ini tidak sekedar dapat lihat kecantikan air terjunnya akan tetapi dapat juga belajar histori. Katanya di tempat ini tinggalah seseorang wanita yang memiliki nama Barania yang paling berani menentang penjajah. Di sekitaran air terjun ada benda warisan riwayat sampai ada gua yang dalamnya ada emas serta benda yang lain. Akan tetapi penduduk sampai pengunjung tak dikenankan buat masuk gua itu. Udaranya yang sejuk jelas dapat menghantam letih.


41. Air Terjun Pussanti

Lokasi: Pussanti, Desa Barania, Kecamatan Sinjai Barat, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan. 

Nuansa alam bersama air yang jatuh dari ketinggian memang tidaklah dapat ditinggalkan demikian saja. Untuk sampai di air terjun ini diperlukan perjalanan kira-kira 55 km dari pusat perkotaan Sinjai. Walaupun butuh perjalanan yang panjang kecantikan yang dikasihkan gak bakal dapat tertolak.


42. Pulau Lialiang

Lokasi: Pulau Harapan, Kecamatan Pulau Sembilan, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, dan Pulau Liangliang berada di salah satu pulau di Teluk Bone


43. Pulau Larea-rea

Lokasi: Kepulaun Larea-rea, Kecamatan Pulau Sembilan, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan.

Pulau ini merupakan satu dari sembilan pulau di Kecamatan Pulau Sembilan. Pulau Larea-rea menjadi spot paling favorit karena pesona alamnya yang memanjakan mata.


44. Mangrove Tongke-tongke

Lokasi: Tongke-Tongke, Kecamatan Sinjai Timur, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan

Objek wisata ini hanya sekitar tujuh kilometer dari Ibukota Sinjai. Hutan mangrov yang sejuk disaat hembusan angin laut Teluk Bone menambah kesejukan.

Di tempat ini, pengunjung bebas mengitari lorong-lorong jembatan kayu di antara pohon mangrove. Tiket untuk masuk di tempat ini cukup bayar Rp 5 ribu rupiah per orang.


45. Tanjung Pallette

Lokasi: Jl. Tj. Raya No.1, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan

Tempat ini berhadapan langsung dengan teluk Bone, dan juga sudah tertata dengan rapi dan dilengkapi dengan panorama alam yang indah. Tidak seperti pantai pada umumnya yang menawarkan keindahan pasir putih, akan tetapi tempat wisata ini mempunyai khas tersendiri.


46. Air Terjun Ladenring

Lokasi: Barugae, Kec. Lamuru, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan 

Air Terjun Ladenring merupakan salah satu destinasi objek wisata menarik yang bisa Anda temukan di Sulawesi Selatan. Karena ini merupakan objek wisata alam yang masih natural dan terdapat bongkahan batu artistik.


47. Gua Mampu

Lokasi:Desa Cabbeng, Kecamatan Dua Boccoe, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan.

Gua Mampu merupakan salah satu tempat wisata bersejarah. Gua ini mempunyai tujuh tingkatan kejadian yang terjadi pada Goa Mampu diperkirakan sekitar 1013 sebelum masehi,sebelum islam masuk di Kabupaten Bone, dan Goa Mampu mempunyai cerita legenda yang dipercayai masyarakat sekitar gua dan Kabupaten Bone.


48. Puncak Lima Jari

Lokasi:Pattimpa, Kec. Ponre, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan.

Wisata Puncak Lima Jari diresmikan pada 1 September 2017. Yang memang bertujuan untuk agro wisata dan di gagas oleh para pemuda desa Pattimpa. 


49. Taman Wisata Alam Lejja

Lokasi:Bulue, Kec. Marioriawa, Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan

Di taman wisata ini ada permandian yang di namakan 'pemandian Air Panas Lejja' yang merupakan sumber mata air panas alami dengan kandungan belerang yang cukup tinggi yakni sekitar 1,5 persen.


50. Puncak Gunung Sewo

Kalian dapat mengunjungi puncak gunung Sewo, serta melihat keindahan hampir seluruh kota Soppeng. Salah satu tempat wisata di Soppeng ini berada di daerah tertinggi, dan terletak di tengah-tengah kota. Sehingga ketika berada di puncaknya, kamu bisa melihat kota Soppeng secara keseluruhan.


51. Air Terjun Datae

Lokasi:Desa Bulue, Kecamaran Marioriawa, Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan.

Lokasi dari air terjun ini cukup sulit untuk dijangkau, sehingga para wisatawan harus siap untuk menembus hutan belantara dan jalur yang cukup curam. Air Terjun Datae merupakan lokasi wisata yang masih jarang dijamah oleh manusia, sehingga kejernihan dan keasrian dari tempat ini sudah pasti cukup terjamin.


52. Air Terjun Minawoe

Lokasi: Desa Bulue, Kecamatan Marioriawa, kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan .

Tempat ini menawarkan sebuah pemandangan aliran air yang mengalir dari tebing bebatuan yang megah. Setiap lekuk dari tebing bebatuan tersebut, membuat aliran air terjun ini menjadi tidak terlalu curam dan kencang.


53. Danau Tempe

Nama Danau Tempe mungkin sudah tidak asing lagi di telinga, karena sudah sangat sering tempat ini diliput oleh media dan ditayangkan oleh acara-acara wisata di televisi.  Tempat Wisata di Sengkang Wajo ini menjadi andalan dan primadona bagi Kabupaten Wajo, Alasannya tentu saja karena keindahan yang dimiliki oleh danau ini.

Danau yang merupakan terbesar kedua di Sulawesi Selatan ini menawarkan pesona alam dengan barisan pegunungan dan juga hamparan air yang di beberapa sisinya ditumbuhi oleh berbagai jenis tumbuhan dan bunga air. Selain itu bangunan  rumah terapung yang berada di danau inipun menjadi keunikan tersendiri yang membuat Danau Tempe berbeda dari tempat lain.

Dari Danau Tempe pengunjung juga bisa melihat pemandangan burung berbagai jenis yang hinggap dan terbang bebas, karena danau ini berada di rute migrasi burung dari berbagai benua. Pengunjung juga bisa menyaksikan festival besar di Danau Tempe yang selalu digelar setiap tahunnya, yaitu Maccera Tappareng. Maccera Tappareng adalah sebuah acara adat yang agenda utamanya adalah menyucikan danau dan meminta perlindungan.

 

54. Air Terjun Sumpang Puli

Tempat Wisata di Sengkang Wajo selanjutnya adalah Air Terjun Sumpang Puli. Merupakan salah satu “Hidden Gems” di Kabupaten Wajo, Air Terjun Sumpang Puli menjadi rekomendasi wisata bagi pecinta wisata air dan petualangan. Letaknya yang berada di tengah Pegunungan Keera, membuat kondisi di Air Terjun Sumpang Puli ini masih begitu asri dan terjaga kealamiannya.

Airnya yang jernih dan menyegarkan tentu saja akan sangat cocok jika digunakan untuk berendam dan berenang. Selain itu didekat air terjun ini terdapat juga sumber mata air panas yang bisa juga dikunjungi.

 

55. Museum Saoraja Malangga

Jika menyukai sejarah dan ingin menambah pengetahuan tentang peradaban kuno di Wajo, langsung saja berkunjung ke Museum Saoraja Malangga.  Tempat Wisata di Sengkang Wajo bersejarah yang paling sering dikunjungi wisatawan. Museum ini memiliki koleksi berupa benda-benda ataupun segala sesuatu yang berhubungan dengan sejarah dari Kabupaten Wajo.

Museum yang dibangun pada tahun 1933 dibawah kepemimpinan Agung Betteng Pola ke 27 ini berlokasi di pusat Kabupaten Wajo sehingga sangat strategis dan mudah untuk dijangkau.

 

56. Perbukitan watang pulu

Perbukitan watang pulu merupakan salah satu pesona alam yang ada di Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan.

Pesona alam tersebut semakin dipercantik dengan adanya 30 kincir angin pembangkit listrik tenaga bayu (PLTB).

Pembangunan kincir angin tersebut dikagumi oleh presiden Joko Widodo.

Bahkan orang nomor satu di Indonesia tersebut sangat kagum dengan keindahan alam di Perbukitan Watang Pulu.

Sang presiden juga mengatakan pemandangan tersebut seperti di Negeri Kincir Angin, Belanda

 

57. Danau Sidereng

Lokasi wisata alam yang satu ini cukup banyak dikenal

Pasalnya, selain melihat panorama alamnya, para pengunjung juga tertarik melihat ritual adat yang sering diadakan di sana.

Salah satu ritual adat yang diselnggarakan di sana adalah perlombaan dayung perahu.

 

 58. Puncak Malloc

 Kawasan hijau ini merupakan objek wisata yang sudah ada sejak lama di kabupaten Sidrap.

Dari puncak Malloci, kamu bisa melihat amparan alam nan menyejukkan mata.

Semilir angin nan sejuk dan tidak terlalu ramai cocok untuk kamu yang sedang liburan yang menenangkan.

 

59. Taman Wisata Puncak Bila

Kali ini Sidrap tampak menyuguhkan objek wisata yang telah termodernisasi.

Tak hanya kincir angin raksasa, di taman wisata Puncak Bila memiliki sepeda yang berukuran raksasa.

Objek wisata ini menjadi salah satu objek wisata paling populer di Sidrap.

Saat berpose di sana, kamu akan merasa seolah tengah berada di negeri yang berpenghuni para raksasa seperti di kisah dongeng.

Objek wisata ini ada di Desa Bila Riase, Pitu Riase, Sidrap, Sulawesi Selatan

 

60.  Perbukitan Watang Pulu

Perbukitan watang pulu merupakan salah satu pesona alam yang ada di Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan.

Pesona alam tersebut semakin dipercantik dengan adanya 30 kincir angin pembangkit listrik tenaga bayu (PLTB).

Pembangunan kincir angin tersebut dikagumi oleh presiden Joko Widodo.

Bahkan orang nomor satu di Indonesia tersebut sangat kagum dengan keindahan alam di Perbukitan Watang Pulu.

Sang presiden juga mengatakan pemandangan tersebut seperti di Negeri Kincir Angin, Belanda.

 

61. Danau Sidereng

Lokasi wisata alam yang satu ini cukup banyak dikenal

Pasalnya, selain melihat panorama alamnya, para pengunjung juga tertarik melihat ritual adat yang sering diadakan di sana.

Salah satu ritual adat yang diselnggarakan di sana adalah perlombaan dayung perahu.


62. Rumah Adat Datae

Di kabupaten Sidrap juga terdapat objek wisata rumah adat yaitu Datae.

Kamu bisa menemukan 11 rumah adat dari masing-masing kecamatan yang ada di sana.

Tak hanya menjadi spot foto yang instagramable, kamu juga bisa belajar sejarah dan budaya masyarakat adat Datae.


63. Puncak Malloci

Kawasan hijau ini merupakan objek wisata yang sudah ada sejak lama di kabupaten Sidrap.

Dari puncak Malloci, kamu bisa melihat amparan alam nan menyejukkan mata.

Semilir angin nan sejuk dan tidak terlalu ramai cocok untuk kamu yang sedang liburan yang menenangkan.


64. Taman Wisata Puncak Bila

Kali ini Sidrap tampak menyuguhkan objek wisata yang telah termodernisasi.

Tak hanya kincir angin raksasa, di taman wisata Puncak Bila memiliki sepeda yang berukuran raksasa.

Objek wisata ini menjadi salah satu objek wisata paling populer di Sidrap.

Saat berpose di sana, kamu akan merasa seolah tengah berada di negeri yang berpenghuni para raksasa seperti di kisah dongeng.

Objek wisata ini ada di Desa Bila Riase, Pitu Riase, Sidrap, Sulawesi Selatan.

 

65. Air Terjun Salu Maridi

Air Terjun Salu Maridi berada di Desa Leppangang, Kecamatan Pituariase.

Air yang cukup deras menjatuhi bebatuan di bawahnya memberikan suara yang sangat menenangkan.

Tak hanya itu, area air terjun juga dilingkupi tanaman yang rimbun sehingga tampak alam nan asri.

 

66. Bukit Suppirang

Cerita tentang negeri di atas awan ternyata bukan hanya milik Kabupaten Toraja, di Pinrang ternyata juga ada, bahkan terdapat dua yaitu Puncak Karomba dan Bukit Suppirang. Masing-masing memiliki keunikannya tersendiri. Jika Puncak Karomba dilengkapi dengan berbagi wisata penunjang lainnya, untuk Bukit Suppirang ini penuh dengan nuansa lokal yang tentunya memiliki keindahan yang tidak kalah menariknya.

Bukit Suppirang ini terletak di Desa Suppirang, Kecamatan Lembang. Untuk mencapai puncak Suppirang ini harus melewati medan yang cukup berat dengan berjalan kaki kira-kira sekitar 2 jam perjalanan dari kaki bukit. Walaupun demikian, setiap perjalanan tidak akan terasa sia-sia karena sepanjang perjalanan kita dapat menemukan beberapa permukiman warga lokal dan spot-spot menarik seperti sawah terasering di atas bukit.

 

67. Pulau Kamarrang Suppa

Sulawesi Selatan terkenal dengan gugusan pulau-pulaunya yang indah, dan salah salah satu diantaranya ada di Kabupaten Pinrang, pulau ini bernama Pulau Kamarrang yang terletak di Kelurahan Ujung Labuang. Untuk sampai pulau ini kamu bisa menyewa perahu motor di Desa Ujung Lero dengan jarak tempuh hanya 30 menit ke pulau ini.

Pulau ini merupakan kawasan vegetasi hutan bakau di mana sepanjang bibir pulau ini ditutupi oleh hutan bakau yang rimbun. Di bagian timurnya terdapat pantai bebatuan keras yang berfungsi seperti tameng untuk memecah ombak yang datang. Selain itu di Pulau Kamarrang ini terdapat sebuah villa yang biasa digunakan untuk pengunjung beristirahat. Sebuah pilihan wisata alam yang menggoda tentunya.

 

68. Permandian Air Panas Sulili

Satu lagi suasana yang berbeda di Pinrang. Kamu mungkin bisa mencoba berendam di Permandian Air panas Sulili yang terletak di Desa Solilie. Di lokasi ini terdapat beragam wahana hiburan seperti kolam renang, sumur air panas, seluncuran dan sejumlah arena permainan lainnya. Merasakan kehangatan air kolam renang yang mengandung belerang tak hanya dipercaya bisa menghibur dan menghilangkan stres sejenak, juga akan membuat badanmu bugar dan menyembuhkan penyakit kulit atau gatal-gatal.

 

 69. Wisata Alam Air Terjun Latta Pitu

Dari semua destinasi wisata alam di Pinrang, mungkin inilah sang pendatang baru yang paling mengagumkan dalam segi keindahan alamnya. Perkenalkan, namanya adalah Air Terjun Latta Pitu yang terletak di Desa Rajang. Sekilas kita pasti tahu bahwa Pitu itu berarti Tujuh dalam bahasa Jawa, dan benar saja nama Pitu juga mengartikan air terjun ini memiliki tujuh tingkatan yang terdiri dari bebatuan yang terbentuk secara alami.

Air yang mengalir seakan memahat batuan yang dilaluinya sehingga membentuk air terjun yang menyajikan keindahan. Selain keindahan air terjun yang bersusun tujuh, vegetasi di sekitar Latta Pitu masih terlihat hijau dan asri. Apalagi beberapa fasilitas pendukung di tempat ini telah tersedia.

 

70. Bukit Maddo

Salah satu rekomendasi tempat wisata di Barru yang ngehits, yaitu Bukit Maddo. Berlokasi di Desa Maddo, Tellumpanua, Tanete Rilau, Kabupaten Barru.

Dari kota Makassar menuju menuju lokasi wisata disuguhi pemandangan alam yang menakjubkan.

Sesampai di lokasi Bukit Maddo Anda bisa menikmati indahnya hamparan padang rumput yang sekitarnya sungai berair jernih.

Atau menikmati moment matahari terbit atau terbenam dari atas bukit menjadi tempat wisata di Barru yang mengasyikkan.

 

71. Lappa Laona

Berlokasi di Dusun Waruwue, Desa Harapan, Kecamatan Tanete Riaja, Kabupaten Barru merupakan salah satu rekomendasi tempat wisata di Barru yang menarik.

Berada 1000 meter dari permukaan laut memang asyik melihat keindahan alam dari ketinggian.

Gunung Nepo

Dari atas bukit Loana disuguhi pemandangan padang rumput dan deretan gunung disekitar.

 

72. Gunung Nepo

Sebagai pembuka daftar ini adalah Gunung Nepo. Salah satu tempat pendakian favorit di Sulsel ini terletak di Kelurahan Wattang Bacukiki, Kecamatan Bacukiki, yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Barru dan Sidenreng Rappang (Sidrap). Waktu tempuhnya sekitar 30 sampai 40 menit dari Parepare (sekitar 11 kilometer).

Memiliki ketinggian 1.000 meter dari atas permukaan laut, Gunung Nepo juga biasa menjadi tempat berkemah. Panorama perbukitan hijau dan udara segar siap menyambut para pengunjung. Suasana sunrise dan sunset-nya juga gak kalah keren. Tetapi jangan lupa, siapkan fisik dan bekal yang cukup selama mendaki.

 

73. Pulau Panambungan

Pulau Panambungan Lokasi kec. Liukang Tupabiring di Kabupaten Pangkajene Kepulauan adalah salah satu gugusan Kepulauan Spermonde, melalui sungai dan laut dengan perahu motor dan speed boat dari Pangkajene dan Makassar. Sangat mudah untuk menuju Pulau ini dan telah tersedia transportasi dengan waktu tempuh kurang lebih 1.30 ( satu setengah) jam dari Pangkajene. dan Makassar dengan Perahu motor. dan 30 menit dengan speed boat.
 
 

74. Permandian Matampa

Nah lokasi ini sangat paling terkenal, banyak pengunjung yang mendatangi tempat wisata ini, terlebih jikalau hari liburan, permandain ini boleh dikata memiliki fasilitas lengkap, mulai dari wahana bermain, kolam renang untuk dewasa dan anak-anak. Lumayan murah untuk wisata air dengan seluncuran yang menguji adrenalin. Pemandian Mattampa terletak di pinggir jalan poros Kabupaten Pangkep, lokasinya sekitar 60 km dari kota Makassar dan dapat ditempuh selama 1 sampai 2 jam menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat.


 75. Pulau Camba-cambang

Pulau Camba-cambang salah satu pulau terdekat dari Kabupaten Pangkep. saat ini pulau Camba-Cambang memiliki 11 unit tempat penginapan kecil, Akses menuju pulau Camba-Cambang juga terbilang mudah dan cukup murah. Pengunjung yang ingin berwisata ke Camba-Cambang bisa mengakses dari dermaga Maccini Baji Labakkang. Dari sana, pengunjung bisa menyewa perahu-perahu masyarakat seharga Rp. 150.000/kapal dengan jarak tempuh 10 – 15 menit serta biaya masuk pulau Camba-Cambang sebesar Rp. 10.000/orang.
 
 
 
76. .Leang Paniki
 
Obyek wisata penelusuran gua alam Leang Pa’niki yang berada di kawasan Resort Tondong Tallasa. Leang Pa’niki merupakan gua berair untuk melakukan eksplorasi di butuhkan peralatan pendukung penelusuran gua serta perahu karet atau pelampung. Ornamen-ornamen yang terdapat dalam gua sangat indah dan menakjubkan. Penelusuran gua ini hanya di peruntukkan bagi kegiatan wisata minat khusus.
 
 

77. Leang Lonrong

 Leang Lonrong merupakan gua alam di dalam gua terdapat sungai bawah tanah yang keluar melalui mulut gua leang lonrong dengan debit air cukup stabil sepanjang tahun, gua ini cukup panjang dan luas. Selain sebagai tempat wisata tirta, air yang keluar dari dalam gua dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar gua dan PT. Semen Tonasa dalam memnuhi kebutuhan air bersih.

 

78. Mata Air Kalobang Kalengkere

 Kalobang Kalengkere merupakan sumber mata air yang berada di kawasan Minasate’ne, lokasinya tidak jauh dari Leang Sakapao, mata air ini muncul dari dalam tanah menimbulkan gelembung-gelembung udara seperti pada saat air mendidih. Sumber mata ini menjadi sumber irigasi utama bagi masyarakat di Minasate’ne dan sekitarnya.

 

79. Gumuk Pasir Sumalu

Gumuk Pasir Sumalu dikenal sebagai salah satu tempat wisata alam di Toraja yang populer dan menarik untuk dikunjungi. Tempat wisata alam yang satu ini menawarkan pemandangan indah dan menakjubkan dengan adanya gundukan gundukan pasir. Dulunya, tempat ini memiliki sebutan Bukit Pa’buyan.

Mengunjungi Gumuk Pasir Sumalu dan menyempatkan untuk berfoto atau mengabadikan momen bersama keindahan alam yang ditawarkan tentu menjadi pilihan tepat yang bisa kamu coba. Pasir yang mudah terbawa oleh angin menjadikan gundukan pasir memiliki pola yang indah. Kamu dapat menikmati indahnya tempat wisata alam yang satu ini dengan membayar biaya tiket masuk sekitar Rp 10.000,- per orang. Gumuk Pasir Sumalu dapat didatangi di daerah Rantebua Sumalu, Rantebua, Toraja Utara, Sulawesi Selatan. Tertarik untuk mengunjungi tempat wisata alam yang satu ini untuk menghabiskan waktu berlibur?

 

80. Kolam Air Limbong

Tidak hanya gumuk pasir, telaga juga menjadi salah satu tempat wisata alam di Telaga yang dapat kamu datangi. Salah satu telaga yang populer dan sangat direkomendasikan untuk kamu datangi adalah Kolam Air Limbong. Destinasi wisata yang satu ini menawarkan pemandangan indah serta suasana alam yang asri dan tenang. Telaga yang bersih dan dikelilingi dengan tebing serta pepohonan menjadikan pengunjung betah dan enggan pulang.

Kolam Air Limbong dapat kamu datangi dengan membayar biaya tiket masuk sebesar Rp 10.000,- untuk wisatawan domestik dan Rp 20.000,- untuk wisatawan mancanegara. Pengunjung yang datang akan dimanjakan dengan fasilitas yang cukup lengkap seperti adanya toilet dan tempat makan. Selain itu, akses menuju telaga ini juga sangat baik dan mudah untuk dilalui. Bersantai atau berfoto di sekitar telaga tentu menjadi pilihan tepat yang bisa kamu coba saat datang ke Kolam Air Limbong. Kamu dapat mengunjungi Kolam Air Limbong di Jalan Singki, Rantepao, Sulawesi Selatan.

 

81. Sarambu Sikore

Sarambu Sikore menjadi tujuan yang tepat untuk didatangi bagi kamu yang sedang mencari tempat wisata alam di Toraja. Tempat yang satu ini menawarkan indahnya pemandangan air terjun yang sangat menakjubkan. Sarambu Sikore dapat kamu datangi di daerah Lembang Salu, Kecamatan Sopai, Toraja Utara.

Aliran air yang deras dan jernih menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Selain itu, adanya tebing yang tinggi menjulang serta pepohonan di sekeliling air terjun juga menjadikan suasana yang ditawarkan tampak sejuk dan asri. Oleh karena itu, maka tidak heran jika banyak wisatawan yang mengunjungi Sarambu Sikore. Karena keindahannya, maka sangat disayangkan jika kamu tidak berfoto atau mengabadikan dengan indahnya air terjun

 

82. To’ Tombi

Destinasi wisata alam di Toraja berikutnya yang populer dan sayang untuk dilewatkan adalah To’ Tombi. To’ Tombi merupakan tempat wisata alam berupa destinasi perkemahan yang menawarkan pemandangan indah dan menakjubkan. Tempat wisata yang satu ini memiliki ketinggian mencapai 1300 meter diatas permukaan laut. Hal itu tentu membuat pengunjung betah karena To’ Tombi menawarkan suasana yang sejuk serta udara yang segar.

Untuk datang dan menyusuri kawasan To’ Tombi, pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 15.000,- per orang. Waktu terbaik untuk datang ke tempat wisata alam yang satu ini adalah saat pagi hari karena pengunjung dapat menikmati indahnya pemandangan matahari terbit yang berpadu dengan selimut kabut. Tempatnya yang instagramable juga menjadikan tempat ini sangat cocok dikunjungi bagi kamu pecinta foto. Kamu dapat mengunjungi tempat wisata alam yang satu ini di daerah Lolai, Kepala Pitu, Toraja Utara, Sulawesi Selatan.

 

83. Gunung Nona

Destinasi wisata alam di Toraja selanjutnya yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi adalah Gunung Nona. Gunung yang satu ini menawarkan keindahan luar biasa dan cocok dikunjungi khususnya bagi kamu yang suka tempat wisata alam. Sejauh mata memandang, kamu akan dimanjakan dengan indahnya penghijauan serta suasana yang sejuk.

Penamaan Gunung Nona berasal dari bentuk gunung yang konon katanya mirip dengan bentuk alat kelamin wanita. Indahnya pemandangan yang ditawarkan menjadikan tempat wisata yang satu ini sayang untuk kamu lewatkan saat datang ke daerah Toraja. Bagaimana, tertarik untuk mengunjunginya?

 

84. Bukit Teletubbies Bonggakaradeng

Tidak perlu bingung lagi menentukan tujuan saat ingin datang ke salah satu tempat wisata alam di Toraja, kamu dapat mengunjungi indahnya Bukit Teletubbies Bonggakaradeng. Tempat wisata alam yang satu ini terletak di daerah Desa Bonggakaradeng, Tana Toraja, Sulawesi Selatan.

Sesuai dengan namanya, tempat wisata alam yang satu ini memang menyuguhkan keindahan perbukitan layaknya Bukit Teletubbies di film kartun. Pengunjung yang datang akan dimanjakan dengan hamparan padang rumput yang hijau serta indahnya perbukitan. Tempat yang satu ini tentu sangat cocok dikunjungi bagi kamu yang ingin menenangkan diri maupun menyegarkan pikiran. Dengan suasana yang sejuk dan asri, pengunjung akan dibuat betah saat datang ke tempat wisata alam di Toraja yang satu ini. Selain dapat bersantai, jangan lupa untuk mengabadikan momen bersama indahnya pemandangan yang ditawarkan. Jika memilih untuk datang saat pagi hari, maka kamu juga dapat menikmati indahnya pemandangan matahari terbit serta adanya kabut. Seru sekali, ya?

 

85. Batu Megalitikum Bori Kalimbuang

Kawasan Bori Kalimbuang juga dikenal menawarkan indahnya salah satu tempat wisata alam di Toraja yakni adanya batu megalitikum. Batu-batu yang memiliki bentuk menjulang ke atas tersusun rapi di atas padang rumput. Ada kurang lebih 102 batu yang tersusun dan memberi kesan indah.

Karena adanya batu-batu yang tersusun rapi dan indah dilihat, maka tidak heran jika kawasan ini kerap didatangi oleh wisatawan dari berbagai daerah. Di sekeliling susunan batu juga terdapat area penghijauan yang luas dan asri. Saat datang ke tempat wisata yang satu ini, jangan lupa sempatkan untuk mengabadikan momen dengan berfoto.

 

86. Taman Prasejarah Leang Leang

Destinasi wisata alam di Toraja berikutnya yang menarik untuk dikunjungi adalah Taman Prasejarah Leang Leang. Tempat wisata yang satu ini berlokasi di Taman Nasional Bantimurung. Pengunjung yang datang akan dimanjakan dengan indahnya pemandangan alam yang ditawarkan.

Kawasan Taman Prasejarah Leang Leang juga dikenal sebagai wisata edukatif karena pengunjung yang datang dapat melihat bukti keberadaan manusia prasejarah. Bukti-bukti tersebut dapat dilihat salah satunya dari bukti tapak tangan manusia yang terdapat di dinding gua. Untuk datang dan menyusuri kawasan ini, pengunjung hanya dikenakan biaya tiket masuk sekitar Rp 10.000,- per orang.

 

87. Pantai Labombo

Pantai Labombo merupakan salah satu tempat wisata di Palopo yang cukup populer dan ramai didatangi wisatawan. Tempat wisata yang satu ini bisa Anda kunjungi di Daerah Tompotika, Wara, Kota Palopo, Sulawesi Selatan.

Pengunjung akan dimanjakan dengan indahnya pemandangan alam yang ditawarkan. Hamparan pasir putih yang luas serta adanya pepohonan juga menjadikan pengunjung betah berlama-lama berlibur di Pantai Labombo. Anda dapat melakukan berbagai aktivitas maupun bersantai di pinggir pantai. Kawasan pantai ini juga menawarkan berbagai kuliner lezat di antaranya kapurung, ikan bakar, dan lain-lain.

 

88. Museum Batara Guru

Museum Batara Guru menjadi salah satu tempat wisata di Palopo yang bisa Anda kunjungi. Tempat wisata bersejarah yang satu ini memiliki bangunan yang sangat megah dengan arsitektur bergaya Eropa. Kemegahan bangunan tentu membuat siapapun kagum melihatnya.

Pengunjung dapat melihat dan menikmati berbagai barang unik seperti keramik, foto, naskah, dan masih banyak lagi. Untuk datang dan menyusuri kawasan museum, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk sekitar Rp 5.000,- per orang.

 

89. Bukit Kambo

Saat ingin mengunjungi salah satu tempat wisata di Palopo, bukit Kambo menjadi salah satu pilihan destinasi yang bisa Anda kunjungi. Pengunjung akan dimanjakan dengan indahnya pemandangan yang dapat dinikmati dari ketinggian.

Bukit Kambo berlokasi di daerah Jalan Kambo, Kecamatan Mungkajang, Kota Palopo, Sulawesi Selatan. Bagi pecinta foto, Anda akan dimanjakan dengan banyaknya spot menarik di kawasan bukit ini. Juga akan dimanjakan dengan fasilitas yang cukup lengkap seperti adanya kolam renang, wisata kuliner, hingga tempat menginap.

 

90. Bukit Sampoddo

Bukit Sampoddo menjadi salah satu tempat wisata di Palopo yang cocok dikunjungi untuk melepas penat. Tempat wisata yang satu ini menawarkan keindahan alam yang luar biasa. Pengunjung dapat menikmati hamparan hijau serta perbukitan yang tentu sangat memanjakan mata.

Bukit yang satu ini bisa Anda kunjungi di Jalan Sampoddo, Kecamatan Wara Selatan, Kabupaten Palopo, Sulawesi Selatan. Bagi Anda yang memiliki hobi berkemah, tempat ini tentu menjadi spot menarik untuk Anda coba. Kawasan Bukit ini juga memiliki banyak spot foto menarik dengan indahnya pemandangan alam yang ditawarkan. Saat berkunjung ke Palopo, tidak ada salahnya untuk menyempatkan mampir dan menikmati indahnya pemandangan alam dari Bukit Sampoddo.

 

91. Air Terjun Latuppa

Tidak hanya pantai dan bukit, air terjun juga menjadi salah satu tempat wisata di Palopo yang bisa Anda kunjungi. Salah satu air terjun yang cukup populer adalah air terjun latuppa.

Air terjun yang satu ini menawarkan keindahan yang luar biasa serta suasana yang sejuk dan asri. Pengunjung akan dimanjakan dengan kesan alam yang ditawarkan. Aliran air terjun yang deras dan jernih juga menjadi daya tarik tersendiri. Adanya tebing dan pepohonan di sekeliling air terjun menjadikan kawasan ini semakin mempesona. Anda dapat mengunjungi Air Terjun Latuppa di daerah Latuppa, Mungkajang, Kota Palopo, Sulawesi Selatan.

 

92. Gunung Kambing

Tidak hanya perbukitan, Anda juga dapat mengunjungi Gunung Kambing sebagai salah satu tempat wisata di Palopo yang cukup populer. Tempat wisata yang satu ini bisa Anda kunjungi di daerah Kecamatan Wara Utara, Kota Palopo, Sulawesi Selatan.

Dari gunung yang satu ini, pengunjung dapat menikmati indahnya pemandangan dari ketinggian. Ketinggian gunung yang mencapai 1200 mdpl menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Tidak hanya bersantai atau berwisata, Anda juga dapat melakukan aktivitas camping di gunung yang satu ini. Saat malam hari, Anda akan melihat indahnya kerlap-kerlip lampu kota yang dapat dinikmati dari ketinggian.


 93. Pantai Susso

Wisata Pantai Susso di Luwu Timur Sulawesi Selatan ini biasanya ramai di kunjungi menjelang hari minggu ataupun hari libur,banyak yang datang ke Pantai Susso  ini bersama keluarganya atau bersam teman temannya.selain itu anda juga tidak bingung mencari kuliner karena di sekitar  Wisata Pantai Susso  ini menyediakan menu ikan bakar yang bisa di nikmati sambil melihat indahnya  Wisata Pantai Susso di Luwu Timur Sulawesi Selatan

Bagi anda yang berasal dari kota luwu timur sudah tidak bingung lagi untuk mendatangi lokasi Wisata Pantai Susso, bagi anda yang berada di luar kota jangan khawatir sarana transportasi apa yang anda pakai untuk berwisata ke Wisata Pantai Susso dengan memakai kendaraan  pribadi seperti : Mobil atau motor pribadi. Anda bisa meminta panduan arah ke Wisata Pantai Susso di Luwu Timur Sulawesi Selatan di google maps yang terpasang di smartphone anda. Karena memakai kendaraan pribadi akan lebih menyenangkan dari pada memakai kendaraan umum.

Akan tetapi jika anda memakai kendaraan umum seperti : bis umum atau angkutan lainnya juga bukan masalah besar, pasalnya anda bisa berhenti di terminal bus kota atau desa tujuan anda. Setelah itu melanjutkan dengan menggunakan ojek ataupun kendaraan pribadi anda menuju lokasi Wisata Pantai Susso di Luwu Timur Sulawesi Selatan tersebut.

 

94. Helena Sky Bridge

Helena Sky Bridge beralamat Jl. Kalabbirang, Kec. Bantimurung, Kab. Maros, Sulawesi Selatan dan buka jam 08.00-17.00 WITA.

Tak hanya terkenal akan koleksi kupu-kupunya, ketika berkunjung ke Taman Nasional Bantimurung, kamu akan bisa melihat salah satu spot untuk berfoto yang bernama Helena Sky Bridge.

Objek wisata ini merupakan sebuah jembatan tertinggi di Taman Nasional Bantimurung yang dihubungkan oleh dua tower raksasa. Dari tempat ini, kamu bisa menyaksikan pemandangan alam yang indah dari ketinggian.

Wisatawan yang datang ke sini akan berjalan melewati sebuah jembatan kayu dengan panjang sekitar 50 m dan letaknya 100 meter di atas permukaan laut.

Kamu bisa menggunakan ponsel atau kameramu untuk mengabadikan pemandangan dari atas jembatan. Di sini juga terdapat penangkaran kupu-kupu yang berupa sebuah kubah raksasa.

 

95. Puncak Makkaroewa

Tempat ini beralamat Labuaja, Kec. Cenrana, Kab. Maros, Sulawesi Selatan, dan buka jam 07.00 – 16.30.

Saat kamu berlibur ke Kota Maros, Puncak Makkaroewa adalah salah satu objek wisata yang harus kamu kunjungi. Di destinasi wisata ini kamu akan menyaksikan panorama alam yang sangat memesona selain tentunya pepohonan rindang dan spot berfoto yang keren. Suasananya sangat asri dan udaranya sejuk.

Wisata alam ini merupakan objek wisata yang masih baru karena baru ada sejak tahun 2017 dan sekarang ini menjadi populer. 

 

96. Pantai Punagaan

Objek wisata pantai ini terletak di Desa Patilereng, Kecamatan Bontosikuyu. Sekitar 15 km dari Kota Benteng, Ibu Kota Kabupaten Kepulauan Selayar. Berada di Pesisir Timur Pulau Selayar dan menjadi pulau terbesar di wilayah administratif Kepulauan Selayar.

Pantai Punagaan merupakan spot wisata berbentuk teluk, sebagian pantainya merupakan areal dengan pasir berwarna kelabu. Sedangkan bagian lainnya berupa tebing dengan air yang jernih.

Tersedia sejumlah fasilitas pendukung di tempat wisata ini. Seperti gazebo, fasilitas bilas dan ruang ganti, air bersih, serta bangunan induk yang memiliki space untuk kegiatan rapat dan pertemuan.

Tak jauh dari Pantai Punagaan, wisatawan juga bisa sekalian mengunjungi Pantai Ngapaloka dengan karakter yang hampir sama. Namun di Pantai Ngapaloka terdapat pemukiman, sehingga memungkinkan wisatawan menyaksikan rutinitas keseharian warga. Aktivitas terbaik di kedua destinasi ini yaitu snorkeling.

 Akses menuju pantai tersebut, bisa mulai dari Kota Benteng dengan waktu tempuh sekitar 20 sampai 30 menit. Dari situ wisatawan dapat melakukan perjalanan menggunakan roda dua atau roda empat. Di perjalanan tersebut akan bertemu jalur pendakian dengan beberapa kelokan.

 

97. Pulau Polassi

Berikutnya ada Pulau Polassi yang terletak di Kecamatan Bontosikuyu, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. Destinasi ini menyajikan pemandangan laut yang indah di berbagai sisi pulau. Pasir pantainya berwarna putih dengan air laut berwarna biru kehijau-hijauan.

Salah satu spot populernya, berupa bukit yang menyerupai Bukit Cinta di Labuan Bajo, Flores, Nusa Tenggara Timur. Bukit ini tenar dengan sebutan Bukit Nane. Banyak wisatawan menjadikan Bukita Nane dan beberapa tempat lain di Pulau Polassi, sebagai spot foto yang instagenik untuk koleksi di sosmed.

 Rute menuju Pulau Polassi dapat diakses dari Kota Benteng, dengan perjalanan menggunakan kapal laut selama 2 hingga 3 jam. Jalur terbaiknya, berangkat dari wilayah Kecamatan Bontosikuyu dengan terlebih dahulu melakukan perjalanan darat dari Kota Benteng.

 

98. Pantai Pulau Bahuluang

Destinasi wisata Kepulauan Selayar yang satu ini berada di ujung selatan Pulau Selayar. Berada di sebelah barat dan merupakan pulau yang dihuni penduduk lokal.

Di Pulau Bahuluang, terdapat objek pantai yang memukau dan menawarkan pesona yang alami. Belum adanya pengelola yang berinvestasi di tempat ini, justru semakin memperkuat keaslian panorama pantai yang memanjakan para penikmat wisata bahari.

Di areal Pulau Bahuluang juga terdapat sebuah pulau karang yang menyeruak dikelilingi biru dan jernihnya air laut, sungguh indah. Di sini, wisatawan bisa mencoba aktivitas snorkeling dan sunbathing yang seru.

Untuk menuju ke Pantai Bahuluang, bisa start dari Kota Benteng, dengan melakukan perjalanan darat ke Kampung Appatanah. Lalu dilanjutkan dengan perjalanan menggunakan angkutan perahu jenis jolloro berkapasitas 10 sampai 15 orang, dengan waktu tempuh sekitar 45 menit sampai satu jam.*

Komentar

Postingan populer dari blog ini

20 Tempat Wisata Bali dengan Nilai Tertinggi untuk Dikunjungi

57 Objek Wisata Terbaik/ Populer Bali

11 Objek Destinasi Wisata Terbaik/Populer di Kalimantan Timur